SINTA (Science and Technology Index) | Cara Download Jurnal SINTA Terbaru

Hallo Sharers, Kali ini sharingilmu.com akan men-share artikel yang tentunya bisa bermanfaat bagi Sharers dan pembaca lainnya, artikel ini berjudul “SINTA (Science and Technology Index) | Cara Download Jurnal SINTA Terbaru”, Supaya Sharers paham tentang penjelasannya yuk langsung simak dari awal sampai akhir postingan ini.

Apa Itu SINTA?

Logo SINTA
gambar: logo SINTA

SINTA (Science and Technology Index) yaitu portal yang di dalamnya berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Mungkin selama ini Sharers Mengira bahwa SINTA sebagai penerbit hanya sebatas menerbitkan saja, ternyata lebih dari itu. SINTA juga mempunyai ruang lingkup yang luas.

Ruang lingkupnya meliputi kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek. Nah, lalu apakah perbedaan SINTA dengan pengindeks lainnya?

Apa Perbedaan dengan sistem yang sudah ada sebelumnya?

SINTA mempunyai perbedaan dengan alat pengindeks lainnya, seperti Portal Garuda, Google Scholar, Indonesian Publication Index (IPI) dan Indonesia Science and Technology Index (InaSTI)

SINTA mengarah ke portal pengindeks global (Internasional) seperti Scopus yang sudah memiliki fitur yang lebih lengkap. Scopus telah dilengkapi dengan beberapa fitur seperti: NetworkingCitationResearch dan Score.

Wah, berarti kalau jurnal kita bisa terbit di SINTA menjadi suatu kebanggan tersendiri tuh😘. Tapi, di SINTA juga ada tingkatannya Sharers. Ada SINTA 1, SINTA 2, SINTA, 3 SiNTA 4, SINTA 5, dan SINTA 6. Lalu paling bagus SINTA berapa?

6 Tingkatan Jurnal SINTA

Berikut ini 6 tingkatan Jurnal SINTA yang perlu Sharers ketahui, yaitu sebagai berikut:

  • Tingkatan Jurnal SINTA 1 dengan nilai (n) mulai dari 85 ≤ hingga 100 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal SINTA 1 (S1)
  • Tingkatan Jurnal SINTA 2 dengan nilai (n) mulai dari 70 ≤ hingga 85 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal SINTA 2 (S2)
  • Tingkatan Jurnal SINTA 3 dengan nilai (n) mulai dari 60 ≤ hingga 70 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal SINTA 3 (S3)
  • Tingkatan Jurnal SINTA 4 dengan nilai (n) mulai dari 50 ≤ hingga 60 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal SINTA 4 (S4)
  • Tingkatan Jurnal SINTA 5 dengan nilai (n) mulai dari 40 ≤ hingga 50 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal SINTA 5 (S5)
  • Tingkatan Jurnal SINTA 6 dengan nilai (n) mulai dari 30 ≤ hingga 40 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal SINTA 5 (S5)

Nah, dari ke-6 tingkatan tersebut telah tertulis bahwa SINTA 1 mempunyai kategori nilai paling tinggi. Jadi, apabila Jurnal Sharers ingin diterbitkan pada tingkatan yang tinggi maka Sharers bisa memilih SINTA 1.

Namun tentunya tidaklah mudah,  Jurnal Sharers akan melewati proses seleksi yang sangat ketat untuk masuk ke kategori tersebut. Jadi, persiapkan baik-baik artikel atau jurnal yang akan Sharers terbitkan di SINTA 1.

Fitur-Fitur SINTA

Guna memudahkan pengelolaan, maka Portal SINTA dilengkapi beberapa fitur nih Sharers, yaitu sebagai berikut:

  1. Citation

H-index di tampilkan pada bagian Citation dalam kurun waktu pertahun untuk Google Scholar dan Scopus.

  1. Networking

Sedangkan dada bagian networking, Sharers dapat mengetahui networking dengan peneliti lain yang pernah mengadakan kerjasama dengan Sharers.

  1. Research Output

Research Output berisi tentang artikel jurnal, buku dan artikel seminar yang sudah Sharers hasilkan. Sedangkan di bagian Score, Sharers bisa melihat indeks pada Scopus, Google Scholar dan InaSTI.

Keunggulan SINTA

Keunggulan utama SINTA dari pada portal peng-indeks yang lain adalah dapat secara otomatis meng-indeks hasil karya yang telah ter-indeks di Google Scholar, Scopus, InaSTI dan Indonesian Publication Index (IPI).

Siapa Saja yang Dapat Mendaftar SINTA?

SINTA dibuat untuk mewadahi hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara online. Jadi orang yang bisa berkontribusi dan  bergabung di Portal SINTA adalah para peneliti dan dosen. Dosen juga dianggap sebagai peneliti karena disamping mengajar di kelas, dosen juga melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Apakah mahasiswa tidak bisa ikut? Bisa ya Sharers, Mahasiswa bisa ikut bersama dosen dalam melakukan penelitian. Dan bisa mendapatkan kredit sebagai penulis 1, 2, ataupun 3.

Bagaimana Cara mendaftar SINTA?

Jika Sharers hendak menggunakan SINTA cukup dengan membuat akun berisi data diri dan melampirkan karya yang telah dipublikasikan.

Berikut adalah syarat dan ketentuan pembuatan SINTA berdasarkan web resmi pemerintah:

  1. Membuka halaman https://sinta.kemdikbud.go.id.
  2. Langkah selanjutnya, klik pada menu Registration.
  3. Sharers akan diminta mengisi data-data seperti status (lecturer atau dosen), NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional, nama lengkap, universitas tempat Sharers bekerja, jabatan saat ini, nomor KTP, alamat email, password, dan Google Scholar URL.
  1. Disarankan menggunakan alamat email resmi yang terdaftar di universitas.
  2. Cantumkan URL Google Scholar dari jurnal atau karya ilmiah yang sudah Sharers publikasi.
  3. Masukkan link Scopus bila Sharers telah mengunggah karya ilmiah atau jurnal bereputasi.
  4. Kemudian klik Register;
  5. Buka alamat email yang Sharers daftarkan tadi. SINTA akan mengirimi Sharers pesan yang berisi tautan;
  6. Aktivasi akun Sharers dengan mengeklik tautan yang diberikan pada email tersebut.
  7. Selanjutnya, Sharers bisa log in untuk masuk ke akun Sharers.
  8. Setelah akun SINTA Sharers aktif, semua aktivitas akademik Sharers dapat terintegrasi dalam satu database dari Kemenristek.

Apa Manfaat SINTA untuk Peneliti/Penulis?

  • Peneliti/Penulis dapat mencari topik-topik maupun artikel-artikel yang relevan terhadap riset yang dijalani ketika melakukan fase kajian pustaka (literature review).
  • SINTA juga membantu peneliti/penulis dalam mengetahui perkembangan terbaru dalam dunia akademik dan pemerintahan.
  • Para peneliti juga dapat menganalisis jurnal-jurnal berkualitas pada disiplin ilmu masing-masing guna memutuskan medium publikasi hasil penelitiannya.
  • SINTA juga memungkinkan para penulis untuk mengetahui siapa saja yang membuat sitasi pada makalah yang pernah ditulis.
  • Manfaat SINTA juga meliputi data mengenai jumlah sitasi yang didapatkan sebuah artikel atau seorang penulis, sekaligus mengidentifikasi peneliti-peneliti yang potensial untuk diajak kolaborasi.
  • SINTA juga mungkin berguna dalam mencari informasi untuk mendukung aplikasi dana penelitian atau sejenisnya.

Setelah menngetahui banyak manfaat dari SINTA, Selanjutnya Admin akan membagikan cara mencari jurnal terindeks Scopus melalui SINTA, yaitu sebagai berikut.

Cara Mencari Jurnal Terindeks Scopus melalui SINTA

Indeksasi Scopus tetap menjadi acuan kredibelitas sebuah artikel karya ilmiah, meskipun menuai pro dan kontra dari para pakar pendidikan di Indonesia. Heem😏.

Kebijakan dari Ristekdikti masih tidak berubah dari target Scopus, terutama bagi dosen yang mempunyai jabatan fungsional Rektor Kepala dan Guru Besar.

Kebutuhan untuk publikasi saat ini semakin tinggi. Kita selalu punya keinginan untuk mengirimkan naskah kita ke jurnal yang telah terakreditasi bahkan yang terindeks Scopus, namun sudahkah Sharers tahu dimana mencari informasi itu?

Khususnya untuk jurnal yang di terbitkan di Indonesia. Bila Sharers ingin mencari jurnal dari Indonesia yang sudah terakreditasi maupun terindeks Scopus, silahkan cek di SINTA (https://sinta.kemdikbud.go.id) pilih S1 atau S2. Pemerintah telah menyediakan informasi yang terbuka tentang jurnal dari Indonesia yang terakreditasi dan terindeks Scopus.

Silahkan dimanfaatkan, dan sebelum mengajukan pertanyaan cek terlebih dahulu laman jurnalnya. Apakah informasi yang Sharers butuhkan tersedia disana atau tidak.

Marilah kita bersama perkuat jurnal di Indonesia dengan cara mengirimkan naskah terbaik Sharers ke jurnal dalam negeri, agar pengelolaan dan kualitas paper di jurnal dalam negeri semakin meningkat.

Setelah Sharers mengetahui cara mencari jurnal terindeks Scopus melalui SINTA, selanjutnya Admin akan membagikan bagaimana cara download  artikel Jurnal yang Ada di SINTA, yaitu sebagai berikut.

Bagaimana Cara Download Artikel di Jurnal yang Ada di SINTA?

Sharers pasti penasaran bukan? Cara terbaru download Artikel atau Jurnal di SiNTA. Kalau iya, yuk ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Pertama kita akses dulu, https://sinta.kemendikbud.go.id
  2. Lalu klik sources dan pilih journal.
  3. Klik filter berdasarkan akreditasi jurnal, pilih topik yang ingin difilter, klik filter jurnal.
  4. Sebagai Contoh, kita klik aja paling atas (klik pada judul). (misal: INDONESIA JOURNAL OF ELECTRICAL ENGINEERING AND COMPUTER SCIENCE).
  5. Lalu gambar akan muncul seperti dibawah ini!
  6. Scroll ke bawah lalu pilih judul/topik yang akan kita pakai.
  7. Klik pada judul lalu pilih DOWNLOAD THIS PDF FILE.

  8. Maka File akan terdownload seperti di bawah ini.

Begitulah, Langkah-langkah mendownload artikel jurnal pada SINTA, mudah bukan? sekian dari Admin selamat mencoba ya Sharers!

Terimakasih Sharers yang sudah membaca artikel ini dari awal sampai akhir, semoga Sharers atau pembaca mendapatkan pemahaman tentang apa yang dicari Sharers semua, dan artikel ini dapat menjadikan ilmu yang bermanfaat terhadap pembaca yang lain. Jika Sharers ingin meng-share ilmu atau pengalamannya bisa komen di postingan artikel ini ya, jika menarik akan admin publish ke postingan selanjutnya. Terima Kasih!

 
Share your love
admin

admin

Hanya orang biasa

Articles: 46

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *